Belajar Tentang Search Engine Marketing

Belakangan istilah SEM atau Search Engine Marketing mulai populer, terutama di kalangan para internet marketer. Hal ini membuatnya tak bisa dipandang lagi sebelah mata, karena perannya dalam dunia marketing yang semakin meningkat. Itulah sebabnya banyak orang yang kini semakin ingin tahu tentang Search Engine Marketing lebih dalam demi membuat performa bisnisnya jadi semakin optimal. Ingin tahu lebih salam tentang apa itu Search Engine Marketing? Yuk simak ulasannya berikut selengkapnya.

Search Engine Marketing

SEM atau Search Engine Marketing merupakan sebuah teknik marketing yang digunakan untuk membuat sebuah website semakin tinggi tingkat visibilitasnya di mesin telusur (search engine). Contohnya, ketika Anda ingin mencari jasa desain grafis di mesin telusur misalnya. Maka, secara otomatis laman dari Google akan memunculkan berbagai macam website yang berhubungan dengan pencarian Anda, termasuk juga iklan. Nah, iklan yang turut tayang di laman mesn telusur tersebut lah salah satu bentuk Search Engine Marketing.

Teknik SEM ini bekerja dengan memaksimalkan keyword yang Anda pilih sesuai dengan jasa atau produk yang hendak ditawarkan melalui website. Sehingga, jika ada pengguna mesin telusur yang mencari sesuatu yang berhubungan dengan keyword tadi, maka mesin telusur akan memperlihatkan hasil dengan tambahan iklan dari website Anda.

Contoh yang lain, bisa dilihat dalam  bentuk iklan yang kerap ditampilkan dalam sebuah aplikasi atau website. Ketika iklan tersebut ditampilkan, tak semua pengguna di internet yang melihat iklan tersebut lantas melakukan pembelian. Walaupun begitu, sebagai pengiklan Anda dapat tetap mempertahankan iklan tersebut untuk meningkatkan keinginan membeli atau buying intent. Sebab Google pun juga akan terus menampilkan iklan tersebut di aplikasi ataupun halaman website lainnya yang kerap dikunjungi pengguna internet tersebut.

Bedanya SEM dan SEO

Dari namanya, antara SEM dan SEO bukan hal yang jauh berbeda, kedua teknik optimasi tersebut pun memang masih memiliki kemiripan. Tapi yang membedakan ialah besaran budget yang dibutuhkan untuk menggunakan teknik tersebut. Agar bisa memaksimalkan penggunaan SEM, maka Anda perlu mengeluarkan budget tertentu pada mesin telusur seperti Google, Bing atau pun Yahoo. Supaya iklan yang ingin Anda naikan masuk ke mesin pencari di bagian teratas.

Sedang teknik SEO lebih irit, artinya Anda tak perlumengeluarkan sepeser pun untuk mesin telusur. Dari hal tersebut, bisa dismpulkan jika SEM merupakan teknik yang tidak bisa didapat dengan cuma-cuma, berbeda dengan SEO yang hampir tanpa biaya sedikit pun. Namun pada praktiknya, teknik SEO ini digunakan untuk membuat sebuah website bisa masuk di halaman pertama di mesin telusur. Sedang mesin telusur hanya menjalankan fungsi serta tugasnya untuk menampilkan hasil pencarian terbaik sesuai aturan tertentu yang ada di sistem mesin telusur tersebut.

Setelah tahu bedanya SEM dan SEO, tentu Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Tentunya sebelumnya Anda juga harus memiliki strategi marketing yang sesuai untuk bisnis yang sedang Anda kembangkan. Kedua teknik tersebut tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga menerapkan keduanya harus dipertimbangkan secara matang.

Mengapa SEM Harus digunakan?

Masih ragu belum tahu mengapaSEM sangat penting untuk mendukung strategi marketing Anda? Simak beberapa hal berikut yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan.

#1 Mampu Meningkatkan Konversi Website

Seperti yang  sudah dijelaskan sebelumnya, jika SEM merupakan teknik marketing yang bisa dimanfaatkan untuk membuat conversion meningkat. Berbeda dengan SEO yang lebih  fokus dengan penggunaan keyword yang sesuai dengan bisnis, SEM sendiri lebih fokus dengan target keyword yang jauh lebih spesifik.SEM akan meminta keyword yang lebih menjurus ke aksi pembelian. Sehingga, trafik yang dihasilkan pun ialah pengguna internet yang benar-benar punya kemauan untuk membeli. Hal iniah yang membuat konversi meningkat drastis ketika Anda memilih teknik SEM dalam strategi markeing dalam bisnis yang dijalankan.

#2 Membuat Brand Awareness Meningkat

Tak hanya meningkatkan konversi, SEM pun mampu membuat brand awareness lebih meningkat di masyarakat. Terbukti dari riset yang telah dilakukan oleh Google, bahwa SEM mampu membuat brand awareness meningkat hingga sebesar 80 persen. Meski iklan yang tampil di website sama sekali tak tersentuh, namun pengguna internet tersebut tetap melihat dan akhirnya kenal dengan merek produk yang tengah Anda promosikan tersebut. Meskipun pengguna tersebut telah berpindah-pindah halaman, iklan Anda tetap akan terpublikasi dan tampil juga di aplikasi atau website lain yang telah bekerjasama dengan Google.

#3 Budget Bisa Disesuaikan

Meski teknik SEM ini perlu modal lebih, tetapi Anda masih bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Meski demikian sedikit banyak, besaran budget tentu berpengaruh pada jangkauan iklan yang tengah ditayangkan. Sehingga anggapan bahwa SEM itu mahal sangat tidak benar, sebab budget sangat fleksibel. Namun jika hasilnya ingin lebih besar maka sudah tentu ada biaya lebih yang harus dibayarkan.

#5 Efektif Untuk Menjangkau Calon Pelanggan Lokal Melalui Internet

Siapapun yang pernah menggunakan teknik SEM untuk promosi bisnisnya pasti paham betul bagaimana caranya agar bisa menargetkan bisnis ke calon pelanggan di area lokal. Melalui SEM, Anda bisa membuat target keyword seperti “Jasa Desain Grafis Murah Jakarta”, “Jasa Desain Logo Bandung” dan semacamnya. Dengan begitu, kemungkinan konversi akan jauh lebih tinggi jika hanya menggunakan penargetan secara umum. Sehingga, pemasaran yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan akan semakin efektif.

Demikian tadi informasi singkat tentang Search Engine Marketing yang sangat penting dalam mendukung strategi marketing bisnis yang tengah Anda kembangkan. Sebetulnya masih banyak lagi tentang Search Engine Marketing yang bisa dipelajari lebih dalam, supaya bisa lebih meningkatkan bisnis. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel kami yang lain :

Tips Cerdas Memilih Jasa Desain Grafis

11 Tips Cerdas Meningkatkan Skill Desainer Grafis Khusus Pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *