Cara Membuat Desain Iklan Banner Yang Efektif Untuk Penjualan

7 Tips Membuat Desain Iklan Banner Yang Efektif Untuk Penjualan

Salah satu iklan online yang terbilang paling populer sekarang ini ialah iklan banner. Desain iklan banner dengan tampilan yang menarik mempu membuat traffic website turut meningkat secara signifikan. Tak hanya itu melalui iklan banner tersebut, tingkat penjualan dan brand awareness pun juga bisa mengalami peningkatan. Desain banner, biasanya memiliki bentuk dasar rectangular yang muncul di sela-sela konten yang ada di website.

Bentuk banner tersebut pun biasanya memanjang atau sesuai dengan space yang tersedia. Secara umum, iklan banner tersebut dihitung setiap impresi. Yakni tiap iklan banner Anda tampil di sebuah laman web untuk calon konsumen potensial maka hal tersebut terhitung satu impresi. Lantas bagaimana caranya supaya iklan banner tadi bisa menarik calon customer potensial untuk meng-klik iklan tersebut? Membuat desain iklan banner tentu harus memperhatikan banyak hal, simak tips bagaimana membuat desain iklan banner yang baik berikut.

1. Poin yang Jelas

Untuk membuat desain banner yang tepat sebaiknya  buat secara to the point dan pendek. Hindari membuat iklan banner terlalu panjang tanpa memiliki makna yang jelas. Sebab iklan banner yang terlalu panjang dan berlebihan akan membuat calon konsumen Anda mengabaikannya hingga melupakannya segera.

2. Pilih Lokasi Terbaik

Ketika ingin memasang sebuah iklan banner, ada baiknya untuk memastikan jika lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang terbaik. Lihat dan review dimana space yang terbaik di sebuah laman web yang punya potensi lebih untuk menarik calon konsumen Anda. Contohnya, jika Anda memiliki sebuah produk seperti sampo misalnya, maka iklan banner yang dibuat akan lebih cocok jika dipasang di website dengan rubrik lifestyle atau kecantikan.

3. Koordinasikan

Sebelum membuat desain iklan banner, sebaiknya koordinasikan dulu dengan strategi marketing yang ingin dilakukan. Sebab antara iklan dan pemasaran harus saling terkait supaya pesan dari produk yang ingin diungkapkan dan ditonjolkan lebih mengena dan tepat sasaran. Misalnya saja saat membuat desain iklan banner maka bisa mengkoordinasikannya dengan pembagian gimmick atau merchandise agar lebih kuat menarik calon konsumen potensial.

4. Padat Informasi

Membuat desain sebuah iklan banner yang baik harus menonjolkan sisi informatifnya agar pesan yang ingin disampaikan ke calon konsumen bisa ditangkap dengan lebih jelas. Informasi yang padat, singkat namun jelas akan semakin membuat sebuah iklan menarik, sehingga target yang dibuat bisa tercapai. Isi iklan banner yang bertele-tele dan kurang informatif, membuat iklan banner dilewati begitu saja alih-alih diperhatikan.

5. Fungsional 

Saat membuat desain sebuah iklan banner, ada baiknya tak cuma memperhatikan soal estetikanya saja tetapi juga harus mempertimbangkan fungsinya. Pikirkan bahwa iklan banner tersebut cukup efektif untuk mampu meraih audience yang ditargetkan. Iklan banner yang hanya sekedar iklan, tak akan mampu membuat calon konsumen meliriknya apalagi mengklik banner tersebut.

6. Gampang Diingat

Satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika membuat iklan banner ialah membuat pesan yang ingin disampaikan jadi gampang diingat orang. Iklan banner dengan pesan yang berbelit dan membosankan pada sebuah iklan banner bisa-bisa membuat orang mudah dillupakan dan tak ingat pada apa isi dari iklan banner tersebut.

7. Maksimalkan Word of Mouth

Dengan adanya website dan juga media sosial seperti saat ini, maka membuat perputaran informasi menjadi begitu sangat cepat dan masif. Karenanya gunakan teknik marketing word of mouth saat ingin membuat sebuah iklan banner. Sebuah iklan banner dengan desain yang menarik dan eye catching akan dengan cepat menyebar melalui media sosial seperti instagram misalnya. Sehingga secara tidak langsung turut menyebarkan iklan banner Anda terus menerus.

Integrasikan Seluruh Strategi Branding

Dalam membuat strategi marketing maupun branding, integrasi atau keterkaitan antar setiap strategi menjadi sangat diperlukan. Supaya setiap strategi bisa saling mendukung satu sama lain sehingga bisa semakin menarik minat target konsumen potensial. Jangan lupa juga perhatikan setiap kata dalam iklan banner yang Anda buat supaya meminimalisir kesalahan. Demikian tadi tips membuat desain iklan banner yang tepat, sebab antara desain grafis dan marketing mempunyai keterkaitan yang cukup kuat sehingga sangat penting untuk memaksimalkan keduanya agar penjualan makinmaksimal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : desain-banner-agar-lebih-menarik-perhatian dan cara-membuat-desain-iklan-banner-yang-efektif-untuk-penjualan Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Desain Grafis, Sudah Tahu Belum?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *