Desain Grafis Banner agar Lebih Menarik Perhatian

Ini dia cara mendesain Grafis Banner agar Lebih Menarik Perhatian

Desainin.id – Selain logo, banner bisa menjadi alat promosi yang sangat efektif. Banner memiliki ukuran macam-macam dan bisa diletakkan di mana pun sesuai kebutuhan baik di luar maupun di dalam ruangan. Isi banner pun juga beragam dan kebanyakan berisi konten promosi dengan desain grafis yang menarik. Tak heran jika banner sangat disukai oleh banyak korporasi baik berskala besar maupun kecil sebagai media promosi.

Tips Mendesain Banner Agar Lebih Menarik

Sebagai media pomosi, mendesain banner agar semakin menarik dan atraktif menjadi hal yang penting demi meningkatkan brand awareness. Karena itulah mendesain sebuah banner bukan perkara yang boleh dilakukan dengan asal apalagi jika mempercayakannya pada jasa desain grafis. Pikirkan baik-baik konten promosinya, supaya brand yang ingin dipromosikan benar-benar tersampaikan dengan baik melalui banner tersebut. Nah, simak tips cerdas mendesain banner agar makin menarik berikut ini.

#1 Pemilihan Komposisi Warna yang Eyecatching

Tips penting dalam membuat desain grafis sebuah banner ialah menciptakan sesuatu yang mampu meranik perhatian di keramaian. Salah satunya dengan pemilihan materi warna yang menarik dan eyecatching. Namun, jangan sekedar memilih warna yang mencolok saja. Sebab warna banner juga harus merepresentasikan bisnis yang Anda ingin tonjolkan. Salah pemilihan warna banner yang kurang sesuai bisa mempengaruhi bisnis tersebut.

Gunakan warna-warna yang menonjolkan identitas dari bisnis, namun jika warna yang jadi ciri khas merupakan warna-warna soft. Maka kombinasikan setiap warna agar tetap merepresentasikan bisnis tersebut. Atau jika masih bingung, Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa desain grafis untuk membuat sebuah banner yang mampu menonjolkan identitas bisnis yang tengah Anda jalani

#2 Tonjolkan Brand dan Logo

Selanjutnya agar membuat bisnis makin dikenal, maka tonjolkan brand, logo, dan juga tagline bisnis tersebut dengan meletakannya di banner bagian atas. Hal tersebut bertujuan supaya informasi mengenai bisnis Anda lebih mudah dilihat, dengan begitu informasi yang disampaikan akan lebih berpeluang untuk dilihat dan dibaca. Baru kemudian konten promosi bisa diselipkan di bagian bawahnya.

#3 Pakai Foto dengan Kualitas Tinggi

Ketika ingin membuat banner dan mencantumkan sebuah foto di desain banner tersebut, maka pastikan foto yang digunakan merupakan foto dengan resolusi tinggi. Supaya, ketika banner dicetak hasilnya tidak akan pecah atau buram sehingga mengurangi estetika banner. Anda bisa menggunakan foto non copyright yang banyak tersedia di situs-situs foto gratis. Namun bila ingin hasil foto yang lebih eksklusif lagi, ada baiknya jika menggunakan jasa fotografer handal. Selain itu Anda juga bisa menggunakan gambar ilustrasi, agar hasilnya makin kreatif dan terlihat profesional, Anda pun bisa memanfaatkan jasa desain grafis.

Dengan begitu, banner yang dibuat bisa lebih menonjolkan identitas bisnis dengan tampilan yang lebih profesional dan menarik.

#4 Buat Konten Promosi Secara Singkat, Padat Namun Tetap Informatif

Banner memang sebuah media promosi yang cukup luas dan mampu menampung beragam konten promosi. Namun buakan berarti semua materi promosi bisa Anda masukan ke sebuah banner. Selain mengurangi estetika, banner yang terlalu penuh dengan konten bisa membuat bingung dan akhirnya enggan membaca informasi penting yang disampaikan.

Agar konten di dalam banner jadi lebih singkat dan padat namun tetap informatif, ada baiknya untuk membuat list informasi yang ingin dijadikan konten lalu pilih mana yang terbaik. Sebaiknya gunakan kalimat yang to the point dan tidak bertele-tele. Pastikan juga informasi yang dituangkan ke banner ketika dibaca akan membuat siapapun dapat memahami informasi yang disampaikan tersebut.

#5 Pemilihan Bahasa Marketing

Bahasa marketing atau bahasa pemasaran yang ampuh bisa membuat siapapun menoleh seketika atau bahkan tertarik untuk melihat banner lebih dekat. Bahasa tersebut biasanya bernada provokatif, seperti “Obral”, “Beli 1 Gratis 2”, “Garansi” dan banyak lagi. Penggunaan bahasa tersebut dilakukan supaya calon konsumen tertarik untuk membeli sebuah produk atau pun jasa yang sedang ditawarkan. Nah, agar membuat pembaca semakin tertarik, maka pilih bahasa-bahasa marketing provokatif yang sesuai dengan isi konten promosi.

#6 Pastikan Informasi Tersusun Runut

Banyak orang memiliki kebiasaan untuk membaca sesuatu secara runut dari bagian atas ke bawah atau dari sebelah kiri ke kanan. Karenanya, jangan abaikan kebiasaan tersebut ketika ingin membuat banner. Pastikan juga informasi yang tertera pada banner tersusun dengan runut agar memudahkan pembaca untuk memahami isi pesan yang disampaikan dengan lebih baik.

#7 Jangan Lupa Bubuhkan Kontak Jelas

Satu hal lagi yang paling penting yang harus ada di sebuah banner ialah informasi tentang kontak pribadi. Tentunya setelah tertarik dengan promosi yang disampaikan melalui banner, calon konsumen akan mencari informasi tentang produk Anda. Lalu dimana mereka bisa mendapatkannya? Tentu dari informasi kontak yang tertera di banner tersebut.

Karenanya jangan sampai lupa menambahkan informasi atau kontak pribadi seperti alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi di desain banner, jangan lupa untuk membuatnya terlihat lebih jelas. Akan jauh lebih baik lagi bila nomor kontak tersebut terdiri dari nomor cantik yang akan lebih mudah diingat.

Tak hanya alamat dan juga nomor kontak saja, jika ada alamat email, website, atau pun akun media sosial, Anda bisa menambahkannya juga. Supaya calon konsumen punya banyak pilihan agar bisa menghubungi Anda.

Banner yang Informatif dan Menarik Membuka Peluang Lebih Lebar

Nah, demikian tadi beberapa tips cerdas membuat banner sebagai media promosi yang efektif dan efisien. Dalam membuat banner sesungguhnya yang paling sulit dicari adalah ide kreatif untuk membuat desain banner bisa mencuri perhatian. Namun tak perlu khawatir sebab banyak sekali penyedia jasa desain grafis yang bisa membantu Anda mendapatkan banner sesuai keinginan. Pintar-pintarlah memilih agar bisnis Anda semakin berkembang. Semoga bermanfaat. pesan dari desainin.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *