Hindari 7 Teknik Marketing Ini agar bisnis bisa terus berjalan

Ingin Bisnis Jalan Terus? Hindari 7 Teknik Marketing Ini

Marketing memang selalu jadi tantangan tersendiri yang sedikit sulit untuk ditaklukkan para pebisnis. Bahkan karena salah dalam memilih strategi marketing, banyak bisnis yang akhirnya tenggelam. Penyebabnya pun cukup beragam mulai dari analisa yang kurang, pemahaman yang minimn hingga mindset yang keliru. Kasalahan tersebut tak hanya dilakukan bisnis-bisnis yang masih baru, bahkan bisnis yang telah lama berjaya dan punya nama pun juga tenggelam gara-gara keliru memilih teknik marketing. Supaya tak lagi melakukan kesalahan fatal yang serupa, simak ulasan tentang teknik marketing yang harusnya dihindari, berikut diantaranya.

#1 Menghindari Persaingan

Menentukan produk atau jasa apa untuk sebuah bisnis agar berkembang pesat memang bukan hal mudah. Sebagian pelaku bisnis cukup berani memilih produk maupun jasa yang memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat namun memiliki pangsa pasar yang besar. Sedang  sebagiannya lagi lebih suka jika tak punya banyak pesaing agar lebih aman menjalankan bisnisnya, tapi imbasnya perkembangan bisnis yang dirintis bisa cukup lama. Kedua pilihan tersebut memang tidak salah, asal tahu seperti apa resiko dan siap menghadapinya. Sayangnya, kebanyakan pebisnis kurang mempelajari atmosfer produk maupun jasa yang dipilih sebelumnya. Sehingga bisnis yang dijalankan jadi kurang berkembang atau bahkan jalan ditempat.

#2 Memakai Strategi Marketing Lama

Sekarang ini produk-produk berbasis teknologi informasi dan juga komunikasi sudah semakin canggih.  Itulah sebabnya, strategi marketing kini pun turut mengalami perubahan. Strategi marketing dengan gaya lama kini tidak lagi ampuh untuk menaklukan calon-calon konsumen potensial. Karenannya butuh pendekatan baru sesuai kebutuhan zaman yang makin berkembang.

Salah satunya dengan menyusun strategi marketing yang lebih melibatkan sosial media dan sebuah platform yang menjadi penghubung antara dunia offline dan online. Anda bisa menggunakan jasa pemasaran digital yang memang terbukti dan menguasai berbagai macam strategi marketing digital, dan jangan hanya terpaku pada strategi lama yang telah lama ditinggalkan.

#3 Email Marketing Konvensional

Salah satu strategi marketing yang hingga kini masih jadi favorit ialah email marketing. Terlebih budget yang dikeluarkan masih cukup terjangkau, dan membuat Anda bisa tahu tentang profil konsumen secara personal, dengan konten yang beragam dan banyak lagi kelebihannya.

Namun dalam email marketing umumnya memeliki beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan sehingga membuatnya jadi kurang optimal. Misalnya saja pemilihan subject email yang kurang menarik, lalu alamat email balasan yang tidak tercantum, hingga konten yang membosankan. Jika hal ini tak segera diperbaiki, maka email marketing bisa jadi sia-sia saja. Saat memilih email marketing untuk mendukung strategi marketing, Anda hanya memiliki waktu cuma 5 detik saja bahkan bisa kurang demi menarik perhatian target calon konsumen.

Karenanya, gunakan waktu yang singkat ini untuk menonjolkan kelebihan produk atau jasa Anda yang sangat bermanfaat bagi calon konsumen tersebut, ketimbang hanya berbicara soal bisnis Anda. Pilih kata-kata yang singkat namun padat yang mudah dipahami oleh calon konsumen agar tak membuat mereka bosan saat membacanya. Jangan lupa juga di setiap email marketing tersebut, tambahkanCTA (Call to Action). Sedangkan hindari menuliskan subject ‘newsletter’ maupun subject sejenisnya, karena cuma akan diabaikan oleh penerima email yang Anda kirim. Karena sudah tahu isinya pasti penawaran yang membosankan.

#4 Penggunaan Direct Message Otomatis

Canggihnya perkembangan teknologi saat ini kadang membuat kesempatan membangun relasi lebih dekat dan personal jadi hilang. Seperti penggunaan DM (Direct Message) otomatis misalnya. Jika hal tersebut digunakan terus-menerus terutama saai ingin menawarkan produk maupun jasa ke calon konsumen baru, maka kesempatan untuk bisa membangun relasi, kedekatan serta memupuk rasa percaya dari konsumen bisa saja hilang. Sebab relasi serta rasa percaya dari konsumen yang belum sempat tercipta sudah tentu akan memperkecil kemungkinan terjadinya konversi. Sedangkan konsumen pun justru akan merasa sangat terganggu dengan adanya kiriman Direct Message otomatis yang semacam ini.

#5 Beli Followers Instagram

Saat memilih media sosial seperti Instagram untuk menawarkan sebuah produk, tentu iming-iming jasa tambah follower Instagram tentu sangat menggiurkan. Biasanya pelaku bisnis di bidang startup kebanyakan memakai jasa seperti ini untuk membuat jumlah followers meningkat dalam waktu singkat. Padahal followers tersebut tak semuanya berasal dari akun asli. Jika akun Anda lebih banyak diikuti akun-akun fake, maka siap-siap saja follower Anda akan hilang dalam waktu singkat. Karena Instagram biasanya akan melakukan penghapusan akun-akun fake secara teratur.

Akan lebih baik jika Anda meningkatkan followers Instagram melalui cara-cara yang organik. Seperti dengan optimalisasi caption, berinteraksi dengan pengguna lain yang cukup berpengaruh, pemilihan hashtag yang maksimal, gunakan stories, unggah konten berkualitas dengan teratur dan masih banyak lagi. Dengan cara yang organik seperti ini, followers yang sesuai karakter target konsumen Anda akan bisa bertambah dan ini merupakan cara yang lebih bagus daripada beli followers fake.

#6 Copywriting yang Asal

Melakukan copywriting, apalagi untuk marketing tentu bukan perkara yang gampang dilakukan. Kesalahan saat melakukan copywriting bisa membuat strategi marketing yang telah dilakukan jadi tak berguna dan sia-sia. Hingga saat ini sayangnya masih banyak pelaku bisnis yang kerap melakukan kesalahan soal copywriting produk, misalnya saja pemilihan headline yang kurang menjual. Membuat copywriting yang bertele-tele, atau bahkan terlalu dingkat dan tanpa lebih dulu mengenal karakter konsumen.

Ada baiknya jika Anda kurang memahami copywritning yang baik, coba manfaatkan jasa copywriting berpengalaman. Namuan tentu pembuatannya harus berdasarkan pada riset karakter konsumen yang sebelumnya telah dilakukan. lalu, uji coba agar tahu hasil dan kinerjanya. Peningkatan jumlah viewer serta angka penjualan menjadi tanda jika copywriting tersebut berjalan memuaskan. Namun jika belum ada perubahan yang signifikan, segera saja benahi.

#7 Menggunakan Viralitas

Konten yang viral memang menguntungkan, membuat traffic pengunjung meningkat dengan cepat dan banyak orang men-share konten tersebut lalu bereaksi. Tetapi strategi ini sebaiknya dihindari, karena membuat konten viral bukan hal mudah. Ada banyak faktor yang membuat konten jadi viral, satu diantaranya ialah faktor keberuntungan. Tentunya dalam bisnis, Anda tak mau hanya bergantung pada keberuntungan saja bukan? Karenanya, sebaiknya buatlah konten yang bermanfaat sekaligus memiliki nilai positif ketimbang mencari konten yang viral namun tak berkualitas.

Konten bagus dan bermanfaat yang kerap Anda bagikan tentu akan membuat kepercayaan konsumen turut meningkat. Sehingga akan membuat calon konsumen bisa lebih mudah untuk memutuskan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, itu tadi beberapa teknik pemasaran yang seharusnya dihindari supaya bisnis yang sedang dibangun tidak berakhir sia-sia. Jika masih ragu dengan strategi marketing yang dibuat, maka tak ada salahnya untuk menggunakan jasa digital marketing. Tetapi pilih yang memang sudah terbukti dan berpengalaman. Lantas diskusikan bagaimana memilih cara marketing online secara efektif supaya bisa menaikkan omzet. semoga bermanfaat.

Baca juga artikel kami yang lain :

Manfaat Sosial Media untuk Strategi Marketing Bisnis

Hindari 7 Teknik Marketing Ini agar bisnis bisa terus berjalan

1 thought on “Hindari 7 Teknik Marketing Ini agar bisnis bisa terus berjalan”

  1. Hello there, I discovered your web site by the use of Google at
    the same time as searching for a related matter, your web site got here up,
    it appears great. I have bookmarked it in my google bookmarks.

    Hi there, simply became aware of your weblog via Google, and found that it is
    really informative. I’m gonna watch out for brussels.

    I will be grateful if you happen to proceed this in future.
    Lots of folks can be benefited from your writing. Cheers!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Mau tau cara terbaik buat bikin desain dan hemat? chat yaa

× Halo, mau desain pake diskon? :D, chat yuk!