Manfaat Sosial Media untuk Strategi Marketing Bisnis

Ini dia 7 Manfaat Sosial Media untuk Strategi Marketing Bisnis

Sekarang ini sosial media memiliki peranan yang cukup penting sebagai salah satu strategi marketing untuk meningkatkan bisnis baik dalam skala kecil maupun besar. Saling berbagi informasi dengan viewer maupun follower bukan jadi satu-satunya benefit yang bisa didapat dari sosial media, terutama bagi sebuah bisnis. Banyak sekali bisnis kecil dan menengah dari seluruh dunia yang telah membuktikan bagaimana sosial media memberikan kontribusi yang positif untuk perkembangan bisnis mereka. Simak keuntungan yang bisa didapatkan dari sosial media untuk bisnis yang tengah Anda kembangkan, berikut diantaranya.

1. Cara Mudah Mengenal Calon Pelanggan

Ingin bisnis yang Anda kerjakan atau jalani berkembang dan sukses? Maka kenalilah calon pelanggan Anda lebih dekat, dan sosial media merupakan salah satu kuncinya. Melalui sosial media, proses untuk mengenal calon pelanggan jadi lebih gampang. Misalnya saja seperti seperti siapa target konsumen yang cocok, apa bahasa yang digunakan, rentang usia, hingga jenis kelaminnya. Informasi tersebut akan sangat membantu Anda dalam proses branding serta membuat promosi yang tepat sasaran sesuai target konsumen.

Jangan lupa maksimalkan trend usia para pengguna sosial media menurut aplikasi yang mereka gunakan, sebagai acuan dalam membuat chanel  promosi. Nah, dengan bidikan target yang tepat, tentu akan memberikan benefit yang lebih dari bisnis yang Anda kembangkan.

2. Lebih Efektif dalam Pencarian Konsumen Tertarget

Geo-targetting jadi sebuah langkah yang cukup efektif, ketika Anda ingin mengirim sebuah pesan pada konsumen tertarget secara spesifik, terutama dari lokasi mereka. Beberapa sosial media, seperti halnya Instagram, Twitter dan juga Facebook mempunyai perangkat pendukung yang dapat menyuguhkan informasi sesuai minat konsumen.

Misalnya saja, Anda punya sebuah bisnis travelling dan hendak mempromosikannya melalui Instagram, maka Anda bisa memposting sebuah foto yang dibubuhkan tag location maupun #hashtag. memmanfaatkan fitur tag location di Instagram bisa digunakan untuk memasarkan bisnis secara lebih tertarget. Dengan begitu, follower yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut mungkin saja tertarik dan bahkan bisa jadi konsumen Anda.

3. Memperluas Target Market serta Menemukan Pelanggan Baru

Sosial media bisa jadi sangat efektif untuk membantu sebuah bisnis terutama yang masih dalam skala kecil untuk bisa mencari dan mendapatkan pelanggan yang potensial, misalnya saja Instagram.  Anda bisa menggunakan Instagram untuk menemukan konsumen tertarget yang lokasi tak jauh dari Anda, dengan memanfaatkan pencarian berdasarkan lokasi terdekat. Selain fitur pencarian bedasarkan lokasi terdekat, ada juga tag location yang bisa dimanfaatkan. Dengan fitur-fitur tersebut tentu akan lebih memudahkan calon konsumen tertarget untuk menemukan bisnis Anda dan mengenalnya lebih jauh. Jangan lupa juga maksimalkan penggunaan #hashtag di setiap postingan Anda untuk bisa menemukan calon konsumen potensial. Setelah itu kenali calon konsumen tersebut dengan lakukan do follow, like dan juga comment di postingan mereka, supaya lebih kenal dengan produk atau brand Anda. Namun jangan lakukan secara berlebihan sebab bisa dianggap spam dan bisa-bisa Anda di block.

4. Mempermudah Komunikasi dengan Konsumen

Sosial media marketing untuk meningkatkan bisnis akan memudahkan untuk saling memberi feedback baik positif maupun negatif, antara Anda dan konsumen. Dan ini menjadi informasi yang penting bagi konsumen. Misalnya saja, ketika Anda ingin meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara instan Anda bisa langsung mengetahui pendapat konsumen. Untuk tahu perspektif dari konsumen, Anda bisa mempelajari bagaimana tanggapan mereka tentang produk atau brand Anda.

Melalui fanpage Facebook, semua feedback baik secara positif dan negatif bisa tertampung. Sebab konsumen bisa langsung memberikan komentarnya, kritik dan saran hingga pertanyaan tentang produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Sehingga respon dari pelanggan terhadao bisnis Anda bisa segera diketahui dan akhirnya Anda pun bisa menggunakannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk maupun layanan tersebut.

5. Bisa Belajar dari Kompetitor

Dari sosial media yang dikelola dengan baik, Anda bisa memperoleh berbagai macam informasi yang penting, terutama dari kompetitor. Melalui aktivitas di sosial media tersebut, Anda bisa menganalisa seperti apa strategi marketing yang mereka gunakan. Seperti apa kelebihan maupun kekurangan yang mereka miliki. Hal ini akan mempermudah untuk memaksimalkan strategi marketing bisnis Anda dengan mempelajari kelebihan serta kekurangan dari para kompetitor. Sehingga Anda mampu mengembangkan sebuah konten yang relevan dan bisa memperoleh klien yang sesuai.

6. Meningkatkan Traffic Website dan Ranking Search Engine

Dari sosial media, Anda bisa meningkatkan traffic di website secara signifikan. Apabila konten yang ada diwebsite tersebut memang bermanfaat, maka bukan hanya kunjungan saja tetapi juga calon konsumen potensial. Selain itu, kunjungan tersebut juga bisa membantu meningkatkan ranking website tersebut karena sinyal positif yang diberikan pada search engine. Faktor kunci yang mentukan kekuatan SEO yang dimiliki sebuah website ialah backlink yang berkualitas serta traffic, dan dari sosial media lah keduanya bisa didapatkan sekaligus.

Yang dimaksud backlink berkualitas ialah saat link yang ditujukan ke website Anda dari website yang memiliki kualitas bagus. Sosial media sendiri, umumnya merupakan website yang kualitasnya sangat baik, tentunya hal ini akan memberikan efek positif teritama dalam aspek SEO di website Anda. Seperti halnya traffic. bila konten yang Anda bagikan di sosial media dirasa menarik bagi pengguna, maka Anda bisa mendapatkan traffic yang berlimpah dari website. Hal inilah yang kemudian memberikan efek positif antara sosial media dan SEO secara tidak langsung

7. Membagikan Informasi dengan Lebih Cepat

Dulu proses marketing punya banyak kendal, terutama untuk membagikan informasi pada calon konsumenn secara singkat. melalui sosial media, kini informasi bisa tersampaikan dengan lebih cepat dan sangat mudah.Pastikan sebelum membagikannya, informasi tersebut memang sudah sesuai dengan konsumen tertarget Anda. Tak seperti sosial media yang bisa menampilak informasi secara realtime, search engine perlu waktu yang lama supaya konten yang baru saja Anda posting dapat segera muncul di laman pencarian.

Informasi apapun yang Anda bagikan di sosial media, maka saat itu juga akan segera muncul di timeline semua follower Anda. Sehingga bisa langsung terlihat dari traffic ke website hingga penjualan. Namun hal tersebut tentu akan lebih efektif bila akun sosial media yang Anda miliki punya banyak follower. Tapi jika tidak, menggunakan jasa para influencer bisa jadi pertimbangan.

Demikian tadi informasi menarik tentang bagaimana sosial media memiliki beragam benefit yang bisa membantu strategi marketing bisnis jadi lebih lancar. Sosial media masih menjadi salah satu sarana penting, bukan hanya sekedar mencari hal-hal baru tetapi juga untuk meningkatkan bisnis dan menemukan konsumen potensial bagi bisnis Anda. Segera maksimalkan penggunaan sosial media bagi bisnis Anda sekarang, jangan tunggu lama-lama jika ingin bisnis berjalan sukses.

2 thoughts on “Manfaat Sosial Media untuk Strategi Marketing Bisnis”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Mau tau cara terbaik buat bikin desain dan hemat? chat yaa

× Halo, mau desain pake diskon? :D, chat yuk!