Membuat Poster untuk Promosi

Tips Membuat Poster untuk Promosi Agar Lebih Menarik

Jika berbicara soal bisnis, promosi menjadi faktor yang sangat penting demi mendorong kesuksesan sebuah bisnis. Dalam aktivitas promosi pasti memerlukan sebuah media untuk menyampaikan materi yang ingin dipromosikan. Media untuk promosi bisa sangat beragam, mulai dari media elektronik, digital, hingga manual misalnya saja seperti poster. Setiap media promosi tentu memiliki kelebihannya tersendiri, terlebih dalam setiap jangkauan wilayah pemasaran. Seperti poster misalnya yang lebih efektif untuk menyasar target di lokasi tertentu.

Poster, Tujuan dan Ciri-cirinya

Hingga sekarang, poster dinilai menjadi media promosi yang paling efisien. Tak mengherankan jika poster kini sudah semakin luas pemanfaatanya. Tak hanya untuk kepentingan promosi iklan saja, sebuah poster juga sangat identik dengan berbagai macam informasi yang lain seperti pendidikan, kesehatan, hingga politik. lantas, apakah yang dimaksud dengan poster?

Sederhananya, poster merupakan sebuah media untuk publikasi yang bertujuan untuk menyuguhkan informasi. Poster sendiri tersusun dari gambar dan juga tulisan, maupun perpaduan dari keduanya. Informasi yang ada di dalam poster umumnya bernada ajakan atau persuasif. Karena itulah, poster harus ditempatkan dengan tepat dan strategis sesuai target yang disasar.

Tujuan Poster

Poster dibuat dengan tujuan utama untuk menyuguhkan sebuah informasi, informasi tersebut pun sangat beragam. Bisa dalam bentuk himbauan, ajakan, perkenalan, pemberitahuan, hingga rayuan agar mau membeli sebuah produk. Hal ini tergantung dari konsep awal ketika ingin membuat desain sebuah poster. Untuk mampu menarik perhatian khalayak umum, sebuah poster harus memiliki visual yang menarik dan unik. Termasuk pemilihan ukuran font dan juga isi tulisan di dalamnya, dengan tetap mengandalkan desain yang simpel dan sederhana.

Poster dengan desain grafis yang ramai justru membuat informasi yang hendak disampaikan malah tidak sampai ke pembaca. Umumnya poster diletakan di tempat dengan lalu lintas yang ramai dan padat, namun hanya dilihat sambil lalu. Karenanya, membuat poster dengan desain grafis yang ‘penuh’ sangat tidak dianjurkan.

Ciri Khas Poster

Sesungguhnya ada begitu banyak media lainnya yang memiliki bentuk serta fungsi yang hampir sama dengan poster. Namun ada ciri-ciri yang dimiliki poster tetapi tak dimiliki oleh media lainnya. Secara umum, berikut ciri-ciri yang dimiliki sebuah poster.

#1 Bahasa yang singkat

Sebuah poster biasanya menggunakan tulisan yang jelas dan pendek dengan ukuran font yang cenderung lebih besar. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalah pahaman arti jika menggunakan tulisan yang terlalu panjang. Selain itu, tulisan yang panjang justru menurunkan tingkat baca sebuah poster yang akhirnya informasi yang ingin disampaikan pun sia-sia.

#2 Memuat Gambar

Tak hanya tulisan, poster umumnya juga disisipi gambar visual sederhana yang memiliki peran untuk memperjelas tulisan. Ini bertujuan supaya informasi dalam poster tersebut jadi lebih mudah dicerna dan dimengerti. Gambar dalam poster biasanya lebih sederhana namun tetap jelas.

#3 Memiliki Warna yang kontras

Ciri lainnya dari sebuah poster ialah pemilihan komposisi warna yang cukup kontras dengan warna background. Tujuannya sebenarnya sama, yaitu agar tulisan pendek bisa ter-highlight dan jadi lebih  terfokus. Pemakaian gradasi warna boleh-boleh saja, asalkan warna font tetap kontras.

#4 Desain Grafis yang Simpel

Berbeda dengan media promosi yang lain, poster justru lebih menonjolkan sisi manfaat ketimbang sisi estetisnya. Maknanya, tujuan dan fungsi menjadi hal yang utama daripada desain. Tentunya, percuma saja membuat poster dengan desain grafis yang ‘wah’ namun memiliki tingkat keterbacaan yang rendah. Desain grafis yang simpel memang lebih dianjurkan, namun bukan berarti meninggalkan aspek kreatifitas dan seni di dalamnya.

#5 Mudah Terbaca

Poster yang diletakan di tempat yang ramai sekali pun cuma akan dilihat atau dibaca hanya sambil lalu saja. Sehingga sangat penting untuk membuat sebuah poster menjadi mudah terbaca, terutama di tempat-tempat yang sibuk. Karenanya pemilihan kata menjadi sangat penting agar sebuah poster memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi.

Tips Mendesain Poster yang Informatif namun Tetap Menarik

Agar mampu menarik perhatian khalayak ramai, sebuah poster harus didesain dengan menarik. Tak hanya sekedar menarik, sebuah poster pun harus menonjolkan sisi informatifnya juga. Lalu, bagaimana membuat poster agar bisa menarik sekaligus informatif di saat yang sama? Simak ulasan singkat berikut ini.

#1 Sesuaikan antara Tujuan dan Ide

Langkah pertama sekali ketika ingin membuat desain sebuah poster promosi ialah menentukan ide. Apa yang diinginkan dari poster promosi tersebut nantinya. Agar lebih efektif, sesuaikan antara ide dan juga tujuan pembuatan poster. Misalnya saja, poster untuk promosi sebuah produk baru, maka idenya harus berkaitan dengan produk tersebut.

 #2 Elemen Desain yang Selaras

Komposisi desain yang diletakan dalam sebuah poster harus selaras dengan apa yang dituju, termasuk soal pemilihan warna dan juga jenis font yang akan digunakan. Sedapat mungkin pemilihan warna agar tidak saling bertabrakan atau tumpang tindih. Jangan lupa juga perhatikan layout, terlebih saat ingin menambahkan gambar. Buat semuanya tampak selaras dan jangan berlebihan.

#3 Kalimat yang Singkat, Padat dengan Tujuan yang Jelas

Hal utama dalam membuat sebuah poster ialah agar informasi ter-deliver dengan baik. Karenanya, agar lebih tepat sasaran, gunakan kalimat yang singkat, padat dan persuasif yang mengandung bujukan. Sebetulnya membuat poster dengan kalimat yang panjang sah-sah saja dilakukan, asalkan tulisan tersebut bisa dipahami dan diingat oleh pembaca.

Namun  meskipun kata-kata tersebut bagus, sebaiknya hindari penambahan kata yang tidak perlu sebab bisa mengaburkan tujuan dan maksud dari poster tersebut. Perlu diingat, jika pembaca hanya melihat poster sekilas sambil lalu. Jadi maksimalkan waktu yang singkat tersebut untuk menyampaikan informasi yang benar-benar to the point dan tidak bertele-tele.

#4 Pilihan Gambar yang Tepat

Melihat sebuah poster yang cuma berisi tulisan tentu agak aneh. Tentunya poster tersebut akan jauh lebih menarik jika di dalamnya juga terdapat beberapa gambar, supaya lebih terlihat menarik. Agar semakin menarik, pilih gambar yang pas dan tak terlalu ramai sehingga fokus pembaca pun berubah. Selain itu, supaya gambar yang dipasangkan ke poster terlihat bagus saat dicetak, pilih gambar dengan resolusi tinggi.

#5 Pemilihan Lokasi yang Tepat

Sebuah poster bisa efektif atau tidak, hal ini sangat bergantung pada pemilihan lokasi poster ditempatkan. Tempat-tempat umum yang ramai menjadi pilihan lokasi yang dianggap paling tepat, seperti pasar maupun perempatan jalan yang padat. Titik keramaian tersebut tentu akan membuat poster lebih maksimal ketimbang meletakannya di jalan yang cenderung sepi.

Poster yang Menarik Kunci Suksesnya Promosi

Meski hanya dipandang sebelah mata cuma gara-gara harganya yang jauh lebih murah dari media promosi yang lain, namun justru inilah kekuatan yang dimiliki media poster. Harga terjangkau dengan jangkauan promosi jarak dekat yang sangat efektif, membuat banyak orang yang memilih poster untuk mempromosikan bisnisnya. Ditambah lagi dengan desain grafis yang menarik, poster yang hanya dipandang sebelah mata nisa menjelma menjadi alat marketing yang andal. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : desain-banner-agar-lebih-menarik-perhatian/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *