Strategi Marketing Khusus untuk Para Designer Grafis

Ini Nih Strategi Marketing Khusus untuk Para Designer Grafis Wajib Tahu!

Menjadi seorang desain grafis memang bisa memberikan banyak benefit, mulai dari segi finansial hingga bisa bekerja sesuai passion atau hobi. Di tengah perkembangan dalam dunia desain seperti sekaang ini tentu banyak yang harus dilakukan para desainer grafis agar tetap bisa bersaing dan mengembangkan kemampuan desainnya. Berikut beberapa tips cerdas agar kemampuan desain grafis yang dimiliki semakin berkembang dan ide-ide kretif pun tak pernah surut. Simak ulasan menarik berikut selengkapnya.

1. Tonjolkan Pribadi Anda Melalui Sosial Media

Apakah saat ini Anda sedang berada di sebuah pesta candlelight dinner atau lagi shopping santai di malam minggu? Setiap gambar yang Anda unggah ke sosial media, baik Instagram maupun Facebook secara tak langsung menjadi sarana untuk mengenal tentang diri Anda. Hal ini merupakan kesempatan yang bagus untuk memperlihatkan bagaimana diri Anda secara personal, estetika maupun keratifitas yang Anda miliki. Dengan tampilan media sosial Anda yang dibuat menarik, ini akan membantu banyak orang semakin tahu profil Anda sebagai seorang desainer.

2. Jangan Sampai Ketinggalan Informasi

Setiap hari, setiap waktu, informasi selalu muncul dimana pun, sehingga jangan sampai melawatkan berbagai macam informasi menarik yang bisa didapatkan. Setidaknya luangkan waktu minimal 15 menit untuk update informasi hari ini, terutama sebelum memulai aktivitas pagi hari. Eksplor bermacam informasi yang ada, baik dari dunia desain yang Anda geluti maupun berita lainnya, termasuk informasi menarik lainnya yang mampu membuat semangat Anda meningkat. Anda pun juga bisa jadi sumber informasi maupun inspirasi ketika orang lain membutuhkannya.

3. Temukan Mentor dan Pelajari Ilmunya

Di luaran sana ada banyak sekali orang yang punya bakat dan cemerlang, terutama di dunia design grafis. Karenanya jangan lewatkan kesempatan untuk belajar dari orang lain yang punya ilmu dan juga pengalaman yang lebih tinggi. Timba ilmu apapun yang mereka miliki lalu terapkan secara bertahap pada diri Anda sendiri. Tetapi jangan pula menelan semua ilmu mentah-mentah, proses ilmu ntersebut sesuai kemampuan dan kreatifitas Anda sendiri agar tak terlihat menjiplak atau jadi bayang-bayang mereka. Sudah tentu Anda tidak mau berdiri mematung saja di tempat bukan? Itulah mengapa, jangan pernah takut atau ragu untuk melangkah ke depan dan maju.

4. Bangun Personality yang Baik

Menjadi seorang desainer grafis, Anda harus aktif melibatkan diri dalam banyak hal di sekitar Anda. Mulai dari datang di acara design, menghadiri undangan, seminar hingga pameran, dan banyak lagi kegiatan yang lainna. Apa pun jenisnya, selalu libatkan diri, sebab hal tersebut tak hanya baik untuk diri Anda tetapi juga orang lain.  Ketika Anda mampu membangun personality yang ramah, penuh semangat, dan supel saat terlibat di banyak acara, kontak maupun koneksi akan mengikuti serta memudahkan aktivitas marketing Anda dalam dunia desain grafis. Coba saja!.

5. Bagikan Ide Menarik

Desainer grafis yang masih baru dengan usia yang relatif muda biasanya  memiliki banyak ide yang menarik. Coba kunjugi editor sebuah website atau mungkin situs-situs design graphics lalu coba tawarkan konsep ide menarik yang dimiliki. Konten itu raja, dan biasanya mereka selalu menginginkan sesuatu atau ide yang masih fresh serta profil yang mampu menarik perhatian. Nah, agar bisa menggaet mereka, maka buatlah konten yang punya daya tarik untuk mendukung strategi marketing yang Anda jalankan.

6. Maksimalkan Sosial Media

Saat ini sosial media menjadi salah satu aset terbesar yang harus dikelola secara baik supaya bisa mendukung pekerjaan Anda sebagai seorang desainer grafis. Bersenang-senanglah dengan sosial media yang Anda miliki dan sering-seringlah mengunggah postingan yang menarik agar bisa mendapatkan koneksi lebih banyak lagi di semua bidang. Proyek desain yang mungkin akan Anda dapatkan, tak selalu dari orang-orang yang ada di dunia design saja. Mungkin saja seseorang yang baru Anda kenal tertarik dengan postingan di sosial media dan ingin bekerja sama dengan Anda. Semua kemungkinan bisa datang dari mana saja.

7. Jadi Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri memang bagus, tapi ingat, di sosial media ada beberapa hal yang perlu diedit. Bukan palsu, tetapi anggap saja ini sebagai cara untuk menunjukan sisi terbauk dari diri Anda kepada khalayak luas di sosial media. Menjadi seseorang yang diinginkan semua orang sangatlah berat, jadi jangan berupaya untuk menjadi orang lain. Biarkan diri Anda bersinar memalui bakat dan juga kreatifitas yang ada pada diri Anda.

Demikian tadi tips marketing untuk para desainer grafis agar bisa lebih dikenal secara luas terutama dalam dunia desain grafis. Strategi marketing untuk para designer grafis tentu berbeda dengan yang lain sehingga perlu strategi marketing yang lain dari yang lain. Hal ini pun bisa juga diterapkan di dalam pekerjaan Anda. Sebab hal tersebut meerlukan sifat inovatif dari diri Anda. Semoga bermanfaat!


Baca juga Artikel terkait :

Video Marketing yang Cukup Ampuh Meningkatkan Penjualan

Tips Marketing Cerdas Buat Bisnis Rumahan



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Mau tau cara terbaik buat bikin desain dan hemat? chat yaa

× Halo, mau desain pake diskon? :D, chat yuk!