Sudah Tahu Kriteria Desain Logo yang Baik Seperti Apa? Simak Ulasannya

Desain logo yang baik bukan hanya sekedar membuat gambar yang lalu digunakan sebagai kop surat atau stempel perusahaan, logo memiliki kekuatan lebih dari itu. Desain logo mampu membuat citra sebuah bisnis atau perusahaan terlihat lebih profesional. Hal ini seolah logo merupakan wajah dari bisnis atau perusahaan tersebut.

Namun, sepertinya masih banyak yang belum begitu memahami  soal desain logo yang baik. Sebuah desain logo yang baik haruslah memiliki sebuah ciri khas yang menonjol. Logo juga harus mengandung sebuah pesan yang tepat sekaligus mudah diaplikasikan. Desain logo tersebut pun juga  harus memiliki grafis yang mampu menarik perhatian dengan bentuk sederhana yang mampu menjangkau target yang sebelumnya telah ditetapkan. Berikut beberapa prinsip yang perlu Anda perhatikan saat ingin mendesain sebuah logo.

 1. Sederhana

Keserdehanaan dalam logo memang  menjadi salah satu hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Sebab, kesederhanaan sebuah logo membuatnya lebih mudah untuk dikenali , gampang diingat sekaligus lebih mudah ketika diaplikasikan di berbagai media. Oleh karenanya, di kalangan graphic designer, dikenal sebuah prinsip KISS yakni” Keep It Simple, Stupid”. Dalam prinsip tersebut, selalu menekankan betapa pentingnya kesederhanaan saat mendesain sebuah logo, supaya logo tersebut lebih berkesan serta dapat men-deliver pesan secara efektif.

Apalagi, dalam perusahaan sebuah logo merupakan sebuah identitas yang penting di mata publik, sehingga desain logo yang simpel dan sederhana akan jauh lebih mudah dikenali. Misalnya saja ketika sedang berada di jalan raya dan sekilas melihat logo tersebut melalui billboard, atau saat sedang sibuk berbelanja di pusat perbelanjaan, maupun aktivitas yang lain.

2. Memberikan Kesan yang Dalam

Setelah menonjolkan kesederhanaan, prinsip selanjutnya saat mendesain logo ialah berikan kesan yang dalam pada logo tersebut. Sebuah desain logo yang efektif harusnya dibuat supaya mudah diingat dan mampu memberikan kesan pada setiap orang yang melihatnya. Hal ini bisa dicapai dengan memikirkan pesan pada logo tersebut supaya sesuai dan ada saling keterkaitan antara logo dengan bisnis atau perusahaan tersebut.

3. Tahan Lama atau Abadi

Sebuah desain logo yang baik seharusnya tahan lama dan abadi serta tak mudah ketinggalan jaman. Jadi, sebelum Anda memutuskan ingin mendesain sebuah logo, coba tanyakan kembali, apakah desain tersebut masih sama efektifnya untuk 10 tahun, 20 tahun, bahkan 50 tahun yang akan datang. Perlu diingat jika desain logo ini tak sama dengan industri fashion yang selalu mengikuti trend dan selalu berubah setiap waktu.

Identitas sebuah merek harusnya mampu berumur panjang, dan mampu menonjolkan ciri khasnya hingga beberapa dekade yang akan datang. Misalnya saja desain merek Coca Cola, logo tersebut merupakan salah satu desain yang abadi jika dibandingkan dengan competitornya yakni Pepsi Cola. Desain logo dari Coca Cola mampu bertahan  dengan identitas mereknya yang seolah tak pernah out of date. Itulah mengapa desain logo yang tahan lama dan abadi menjadi salah satu kriteria sebuah desain logo yang baik.

4. Mudah Diaplikasikan

Logo yang baik dan efektif harus tetap bisa menonjol di media atau aplikasi apapun. Sebab logo juga harus fungsional. Itulah sebabnya, mendesain logo haruslah dirancang menggunakan format vektor, hal ini untuk memastikan jika logo tersebut ukurannya dapat diubah-ubah dalam skala berapa pun. Selain itu desain logo tersebut sebaiknya juga harus bisa diubah dalam format vertikal maupun horizontal. Sebagai pertimbangan, sebelum pergi ke jasa desain grafis berlangganan Anda untuk membuat desain logo, coba cari tahu dan tanyakan apa yang akan Anda dapatkan untuk desain logo Anda secara lebih detail.

Apakah logo tersebut bisa dicetak di berbagai permukaan baik gelap atau terang? Lalu apakah logo tersebut masih tetap menonjol meski warnanya diubah hitam-putih atau tak berwarna? Dan lain sebagainya. Agar logo lebih fleksibel dan mudah diaplikasikan dalam berbagai media, dianjurkan saat mendeasin logo buatlah dengan warna hitam-putih dulu. Hal ini akan membuat desain logo lebih terfokus pada konsep dan juga bentuknya, bukan di sifat subjektif warna logo.

Selain itu, penggunaan logo yang nantinya untuk jangka waktu yang lama, jangan lupa perhatikan soal biaya cetak desain logo tersebut. Sebab, karena jika logo memiliki desain yang terlalu kompleks, biasanya akan memakan biaya cetak yang jauh lebih tinggi. Dalam jangka panjang, hal tersebut akan memiliki imbas yang cukup besar untuk perkembangan bisnis di masa depan.  Saat ingin meracang sebuah logo, sebagai seorang klien , sebaiknya Anda pun mengetahui apa bedanya antara sistem warna Pantone, CMYK, maupun RGB,  namun lebih dianjurkan supayan Anda memilih sistem warna Pantone.

5. Tepat Sasaran

Sebuah desain logo yang efektif juga harus sejalan dengan tujuan yang hendak disampaikan oleh klien. Misalnya saja sebagai contoh, saat Anda ingin merancang logo untuk sebuah toko mainan anak, maka akan jauh lebih pas jika menggunakan font yang terlihat childish dengan skema warna yang colorfull dan ceria. Namun saat ingin mendesain sebuah logo untuk firma hukum, maka jangan lakukan hal tersebut.

Sau hal yang juga tak kalah penting untuk diingat ialah jika logo tak perlu selalu menonjolkan produk maupun layanan yang ditawarkan atau dijual oleh pemiliknya. Contohnya saja, logo untuk merek mobil maka tak perlu menonjolkan mobil sebaga gambar logo. Atau untuk merek komputer, maka tak harus menggunakan komputer dan semacamnya. Jadi logo merupakan sebuah pengenal atau identitas sebuah produk atau layanan jasa, dan bukan menonjolkan produk tersebut.

Demikian informasi tentang prinsip yang harus dipegang saat ingin membuat desain logo yang efektif. Logo adalah sebuah identitas dari sebuah bisnis , jadi buatlah sesuai dengan bisnis yang Anda bangun saat ini dengan menggunakan prinsip-prisip di atas. Semoga berhasil!

Baca juga artikel kami yang lain :

Jasa desain Grafis di Sumedang

Jasa desain grafis di Bogor

Sudah Tahu Kriteria Desain Logo yang Baik Seperti Apa? Simak Ulasannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Mau tau cara terbaik buat bikin desain dan hemat? chat yaa

× Halo, mau desain pake diskon? :D, chat yuk!