Tips Cerdas Memilih Jasa Desain Grafis

Saat ini penggunaan jasa desain grafis sudah menjadi satu hal yang wajib, terutama bagi para pelaku bisnis yang ingin membuat branding untuk bisnisnya. Seperti membuat market aset untuk brand produknya, demi melancarkan strategi marketing yang telah dibuat. Misalnya saja soal desain company profile, desain kartu nama, desain logo, serta desain-desain lainnya yang masih berhubungan dengan alat marketing perusahaan.

Jasa desain grafis sendiri merupakan layanan dari perorangan maupun badan yang menawarkan layanan yang berkaitan dengan seni komunikasi melalui tulisan, ruang hingga gambar dengan para klien. Bidang ini jadi bagian penting dari komunikasi visual.

Awalnya layanan jasa desain grafis cuma digunakan media-media statis, misalnya saja buku, majalah, atau pun brosur. Tetapi sekarang, jasa desain grafis bahkan telah merambah ke berbagai media elektronik, dan dikenal dengan desain multimedia atau desain interaktif. Persaingan bisnis yang berkembang dan makin ketat membuat jasa desain grafis kini pun melebarkan sayapnya ke bidang lain seperti jasa desain kartu nama serta jasa pembuatan logo. Agar jasa desain grafis yang dipilih lebih maksimal, simak tips cerdas berikut ini.

#1 Pilih proyek yang sesuai keinginan

Agar hasilnya maksimal, saat memilih jasa desain grafis harus disesuaikan dengan proyek yang sedang Anda kerjakan. Misalnya saja ingin buat desain logo perusahaan, banner, poster maupun desain untuk keperluan yang lain. Maka dengan mengetahui proyeknya dengan jelas dan detail, Anda bisa memilih jasa desain grafis yang lebih sesuai dengan apa yang dibutuhkan saat ini.

#2 Pilih yang Sudah Berpengalaman

Jika tak ingin kecewa dengan hasil yang tak sesuai harapan, maka jangan asal memilih jasa desain grafis murah. Sebaiknya pilh jasa desain grafis yang memang sudah berpengalaman dibidangnya dan punya portofolio yang jelas. Jasa desain grafis tersebut sudah pasti hasilnya terpercaya, sebab pengalaman menjadi nilai penting dalam menentukan kelayakan. Dengan pengalaman yang ada, Anda akan lebih mudah mengukur kelayakan jasa yang ditawarkan jika ingin menggunakan desain buatannya.

#3  Pilih yang Punya Lokasi Strategis                                                    

Sebelum memilih untuk menggunakan jasa desain grafis, sebaiknya pilih yang memang punya tempat usaha jasa desain grafis secara fisik. Meskipun memang seluruh transaksi atau diskusinya dilakukan secara online. Anda tetap harus tahu dimana lokasi usaha jasa tersebut demi menghindari masalah yang mungkin bisa saja terjadi. Ada baiknya untuk memilih jasa desain grafis yang berlokasi strategis, akses tempatnya mudah dijangkau.

 #4 Pilih yang Tepat Waktu

Setelah memilih yang punya lokasi usaha yang jelas, dalam memilih jasa desain grafis murah selanjutnya ialah Anda harus pertimbangkan deadline waktu kerja yang bisa disanggupi oleh penyedia jasa tersebut. Tanyakan dengan lebih jelas soal timeline yang bisa disanggupi oleh pihak desainer. Lalu berikan juga timeline yang Anda inginkan. Jika, desainer tersebut bisa menjamin sanggup dengan timeline yang Anda berikan, maka kerjasama bisa dilanjutkan.

#5 Desainer Punya Portofolio Jelas

Selain pengalaman yang dimiliki desainer grafis, Anda juga harus mempertimbangkan portofolionya juga. Hal tersebut perlu diketahui dengan jelas sebagai dasar penilaian dalam menentukan apakah jasa desainer yang ditawarkan cocok dengan kebutuhan Anda. Portofolio tersebut bisa Anda minta langsung dari penyedia jasa desain grafis tersebut. Melalui portofolio tadi, maka tak perlu lagi repot atau susah payah mencari informasi soal desainer tersebut dari pihak lain.

#6 Pertimbangkan Kualitas vs Biaya

Satu hal yang tak boleh disepelekan dalam memilih jasa desain grafis ialah biasa jasa yang harus Anda bayar. Sebelum menggunakan jasa desain grafis tersebut, sebaiknya Anda riset harga di pasaran. Setelah itu pertimbangkan dengan kualitas desain dan biaya yang ditawarkan oleh penyedia jasa desain grafis tersebut.

Pastikan juga harga tersebut sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tetapi jangan lupa, jika harga yang mahal harus juga diimbangi dengan kualitas desain yang memuaskan. Sehingga, jika memang kualitas desain yang ditawarkan melebihi ekspektasi Anda, maka tak ada salahnya apabila Anda mengeluarkan budget lebih untuk jasa desain grafis tersebut.

#7 Jadikan Testimoni sebagai Rujukan

Tips yang terakhir dan sangat penting Anda lakukan dalam memilih jasa desain grafis ialah meminta masukan dari orang lain terkait jasa desain grafis tersebut. Setiap jasa desain grafis akan memberikan testimoni dari pengguna yang pernah memakai jasa mereka. Di dalamnya, terdapat penilaian tentang performa jasa desain grafis tersebut dalam mengerjakan proyek dari para konsumennya. Penilaian tersebut bisa saja positis maupun negatif, dan hal tersebut bisa membantu Anda untuk menilai kelayakan dari jasa yang ditawarkan.

Demikian tadi tips-tips cerdas dalam memilih jasa desain grafis agar tak salah pilih hingga membuat budget terbuang sia-sia dan harus kerja dua kali. Apapun yang Anda butuhkan untuk branding bisnis maupun desain grafis untuk bisnis yang sedang Anda kerjakan, pastikan semuanya telah sesuai ekspektasi agar tak lagi harus melakukan revisi terus menerus. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *