Tips Marketing Cerdas Buat Bisnis Rumahan

Punya Bisnis Rumahan? Ini Tips Marketing Cerdas Buat Kamu

Sebagai pelaku bisnis, baik korporasi, bisnis online hingga rumahan, yang diinginkan tentu mendapatkan sebuah kesuksesan. Sukses dalam bisnis tentu takkan bisa terlepas dari aktivitas marketing. Bermacam teori tentang marketing hingga kiat-kiat sukses saat menjalankannya kerap kali jadi acuan para pelaku bisnis untuk mengembangkan aktivitas pemasarannya. Namun seringnya yang didapat ialah tips-tips bagaimana mengembangkan bisnis korporasi maupun online saja, sedang untuk bisnis rumahan hampir sangat jarang ditemukan tips –tips yang sesuai. Jangan khawatir dulu, berikut rangkuman tips marketing yang sangat bermanfaat untuk para pelaku bisnis rumahan. Simak ulasan selengkapnya berikut.

 1. Buat Website untuk Bisnis Rumahan Anda         

Tahukah Anda jika menjalankan aktivitas marketing secara online memiliki pengaruh yang sangat signifikan untuk penjualan offline? Ini karena dari marketing online, Anda bisa menggaet calon konsumen potensial secara lebih maksimal. Langkah awal yang bisa Anda lakukan ialah membuat website secara sederhana. Dari  Website tersebut, Anda bisa memperkenalkan bisnis yang saat ini tengah Anda kembangkan.

Mulai dari produk atau layanan jasa seperti apa yang sedang Anda tawarkan, lalu bagaimana caranya calon pelanggan bisa menghubungi Anda. Pastikan jika seluruh informasi penting tentang bisnis Anda terdeliver secara detail di halaman website yang telah dibuat sebelumnya. Jangan lupa juga buat website dengan yang menarik serta mudah digunakan, agar strategi marketing biisa dijalankan dengan maksimal.

2. Daftarkan Bisnis di Local Search

Bagi pelaku bisnis, alamat serta akses yang akurat menuju lokasi bisnis menjadi hal yang sangat penting, terlebih lagi bagi pelaku bisnis rumahan. Dengan mendaftarkan lokasi bisnis Anda di situs-situs pencarian, misalnya saja Yahoo Local dan juga Google Site, hal ini bisa membuat bisnis rumahan yang tengah Anda kembangkan bisa lebih diketahui serta diakses secara lebih mudah oleh calon konsumen. Sehingga jangan lupa daftarkan segera sekarang juga bisnis rumahan Anda ke situs pencarian.

3. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Sekarang ini, media sosial  merupakan salah satu media untuk berkomunikasi yang tengah digandrungi sebagian besar masyarakat. Misalnya saja seperti FB, Instagram dan Twitter, bukan hanya digunakan untuk terhubung dengan kerabat maupun sadara saja, tetapi sudah digunakan sebagai media untuk memasarkan maupun mempromosikan  bermacam-macam produk maupun jasa hingga brand. Melalui media sosial tersebut, ada banyaj kesempatan untuk lebih membuat pengguna medis sosial yang lain mengenal bisnis rumahan Anda lalu memperkenalkan serta menggaet calon konsumen yang potensial.

4.  E-Newsletter

Meskipun bisnis yang Anda kembangkan ini hanyalah sebuah bisnis rumahan, tetapi jangan sepelekan soal e-newsletter untuk membantu bisnis Anda lebih dikenal. E-Newsletter sendiri ialah sejenis buletin yang berisi seputar bisnis rumahan Anda yang dikirim pada pelanggan Anda lewat email. Melalui e-newsletter ini, Anda bisa berbagai dengan seluruh pelanggan Anda mengenai informasi terbaru tentang bisnis milik Anda. Mulai soal diskon, promo, hingga cabang baru yang baru dibuka serta berita menarik yang lainnya yang bisa dikirimkan setiap bulan sekali. Anda bisa memanfaatkan jasa pengirim email massal, misalnya dengan menggunakan Mail Chimp maupun yang lainnya

5. Membuat Konten di Blog

Blog merupakan sebuah situs yang bisa membuat Anda membuat konten upddate terkini mengenai bisnis rumahan yang saat ini sedang dijalankan lewat tulisan, video, gambar, maupun link. Sebagai pemula, Anda bisa memulainya dengan membuat blog menggunakan Blogger maupun WordPress. Jika belum begitu paham soal blogging, Anda juga bisa memanfaatkan para blogger populer untuk memperkenalkan dan mempromosikan bisnis Anda melalui konten di blog yang mereka kelola.

6. Publikasi

Selanjutnya, perkenalkan juga bisnis rumahan Anda di berbagai media baik media cetak maupun elektronik, seperti surat kabar maupun stasiun televisi untuk mendapatkan perhatian dari publik. Saat produk yang ditawarkan semakin terkenal, maka hal tersebut juga akan berpengaruh signifikan pada angka penjualan yang juga akan turut mengalami peningkatan.

7. Program  Affiliasi

Program afiliasi ialah salah satu strategi marketing yang bisa digunakan untuk menggaet calon pelanggan baru yang potensial melalui pelanggan setia Anda. Cara ini menggunakan pelanggan setia Anda untuk mengenalkan bisnis Anda ke calon konsumen potensial, dari situ pelanggan setia tersebut akan mendapatkan beragam reward menarik dari Anda.  Bisa berupa diskon, gratis pembelian maupun berbagai macam reward lain yang sesuai.

8.   Kekuatan Kata

Pastikan jika bisnis rumahan yang saat ini Anda kerjakan selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Ketika Anda mampu memuaskan pelanggan, maka tak perlu bersusah payah untuk memperkenalkan bisnis Anda ke calon konsumen baru. Sebab melalui pengalaman dari pelanggan setia Anda atau kerap disebut ‘word of mouth”, para calon konsumen baru tersebut akan datang dengan sendirinya. Sebab biasanya mereka lebih percaya dengan orang dekatnya daripada pemilik usahanya semdiri. Sehingga jangan pernah berhenti atau lelah untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para pelanggan setia Anda.

Demikian tadi informasi menarik tentang tips marketing cerdas yang bisa dilakukan untuk para pelaku bisnis rumahan supaya membuat bisnisnya semakin berkembang. Agar tips tersebut semakin bermanfaat, jangan terlalu kaku saat mengimplementasikannya. Anda bisa mengkombinasikannya dengan kemampuan yang Anda miliki. Semoga bermanfaat!

Baca juga Artikel terkait :

Video Marketing yang Cukup Ampuh Meningkatkan Penjualan

Strategi Marketing Khusus untuk Para Designer Grafis

Tips Cerdas Memilih Jasa Desain Grafis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo!

Mau tau cara terbaik buat bikin desain dan hemat? chat yaa

× Halo, mau desain pake diskon? :D, chat yuk!