Tips Penting Membuat Desain Logo Agar Lebih Menarik

Melalui logo, sebuah bisnis bisa semakin berkembang atau bahkan jalan di tempat. Tahukah Anda mengapa demikian? Hal ini karena logo sama seperti sebuah lambang yang mampu bercerita hingga membuat seseorang tertarik dengan sebuah produk atau bisnis. Ketika seseorang melihat sebuah produk, logo menjadi hal pertama yang dilihat dan dinilai sebelum akhirnya memutuskan ingin membeli produk tersebut.

Kebanyakan orang berpendapat jika membuat logo merupakan hal yang sulit. Namun, jika Anda paham pentingnya sebuah logo dalam bisnis maka sesulit apapun pasti akan terasa lebih mudah. Logo bahkan seperti sebuah wajah yang membuat sebuah bisnis berbeda dengan para kompetitor, logo pula yang merepresentasikan sebuah bisnis agar lebih dikenal pasar. Keunikan logo akan membuatnya jadi bahan pembicaraan sehingga jadi alat pemasaran yang sangat efektif.

Meski pun pembuatan logo terbilang susah-susah gampang, agar hasilnya semakin bagus maka perlu persiapan yang matang untuk bisa menciptakan sebuah logo yang menarik. Sama seperti ketika ingin membuat poster dan juga banner, membuat logo pun memerlukan sebuah konsep dan juga ide yang hebat supaya bisa menarik perhatian. Simak tips penting dalam membuat logo berikut ini

1. Mengenal Lebih Dulu Bisnis yang Hendak Diperkenalkan

Jangan berharap bisa membuat logo yang sesuai jika sebelumnya tidak memahami tentang apa yang mau direpresentasikan melalui logo tersebut. Jika hanya sekedar gambar, maka tak ada bedanya dengan poster atau banner di pinggir jalan. Logo merupakan jati diri sebuah bisnis sehingga yang dibutuhkan bukan cum gambar yang biasa-biasa saja. Dari pilihan tulisan kata-katanya, warnanya hingga bentuk sebuah logo merupakan refeleksi dari sebuah bisnis. Sehingga penting untuk mengenali bisnis tersebut sebelum mulai membuat sebuah logo.

2. Pelajari Dasar Membuat Logo

Ketika membuat sebuah logo, ada beberapa hal mendasar yang harus selalu jadi acuan. Prinsip yang pertama ialah kesesuaian dan kesederhanan. Logo dengan desain yang sederhana dan simpel lebih gampang dikenal dan juga diingat. Selain itu desain logo dikatakan bagus dan baik jika mampu menonjolkan keunikannya meski tampilan  grafisnya terbilang sederhana.

Membuat logo juga harus disesuaikan dengan tujuan utamanya, contohnya saja ketika membuat desain logo untuk sebuah toko khusus mainan anak-anak. Maka pemilihan font dan juga warnanya harus disesuaikan dengan karakter anak-anak yang cenderung riang. Nah, begitu pun ketika membuat logo untuk sebuah perusahaan hukum, tentu harus lebih profesional.

Prinsip yang kedua ialah serbaguna dan tahan Lama. Ketika ingin membuat sebuah logo, usahakan jika logo tersebut mampu bertahan dalam waktu yang lama dan bisa digunakan terus-menerus. Supaya branding yang sudah diciptakan konsisten tak berubah-ubah. Sebuah logo akan semakin efektif  jika bisa lebih serbaguna, artinya logo tersebut bisa diaplikasikan ke berbagi media dan bentuk aplikasi. Sehingga membuat semua orang familiar karena melihat logo tersebut di berbagai tempat terus-menerus.

3. Kumpulkan Referensi Logo

Masih bingung mencari desain logo yang pas buat bisnis? Cobalah kumpulkan macam-macam logo, dan lihat brand apa yang kerap gonta-ganti logo dan mana yang konsisten dengan logonya sejak awal. Brand yang belum mengganti logonya bisa dibilang sukses dengan logonya, sehingga tak merasa perlu mengganti logo dengan yang baru. Sebab logo tersebut telah mampu menjadi identitas sehingga membuatnya mampu bersaing di tengah perkembangan zaman yang luar biasa.

Seperti logo yang digunakan Nike misalnya. Logo tersebut sejak dikerjakan oleh Caroline Davidson di tahun 1971, logo tersebut masih bertahan hingga saat ini. Jika diperhatikan betul-betul, logo tersebut memiliki bentuk yang sangat sederhana namun unik sekaligus efektif. Meskipun tak memiliki komponen warna yang menonjol sehingga sangat mudah untuk diingat sekaligus gampang diaplikasikan ke produk-produk yang dihasilkan.

Namun, banyak juga perusahaan atau brand yang kerap mengganti logonya sesuai dengan perkembangan jaman agar semakin relevan dan up-to-date dan menarik di mata pelanggan. Nah, berbagai macam logo tersebut bisa dikumpulkan untuk mengambil inti dari semua kelebihannya dan masukkan ke logo Anda sendiri.

4. Buat Rancangan Tahap demi Tahap

Dalam pembuatan logo, merancang tahapan pembuatan logo bisa dbilang sebagai langkah tersulit. Meskipun begiti setiap desainer logo memiliki tahapan yang berbeda. Ada yang lebih suka melakukan riset terlebih dulu baru membuat sketsa, begitu pun sebaliknya. Pengalaman dan jam terbang yang tinggi menjadi kunci utama dalam menciptakan sebuah logo yang menarik. Merancang tahapan untuk membuat logo akan membantu penyelesaian logo menjadi lebih cepat. Sebab lebih terkonsep dan tersusun jelas.

5. Jangan Lelah Belajar

The last but not least, hal yang perlu dilakukan ketika ingin membuat sebuah logo yang baik dan sempurna ialah dengan belajar dan terus belajar. Ketika, logo pertama selesai dikerjakan untuk klien, ada baiknya untuk tetap terus belajar tetang desain logo. Mulai dari software yang bagus itu seperti apa, lalu pelajari tools yang ada di dalamnya. Apakah itu Illustrator, CorelDraw, Photoshop atau software desain grafis yang lain.

Ketika Anda mampu menguasai penggunaan software desain grafis tersebut, ini akan membuat hasil desain akan semakin bagus. Selain itu gadget yang digunakan juga harus mendukung kegiatan desain supaya pekerjaan lebih cepat selesai dengan sempurna.

Desain Logo Sama Seperti Wajah

Logo sama halnya wajah, yang menjadi tanda pengenal utama sebelum mengenal lebih jauh. Jadi membuat logo yang menarik harus didasari dengan pengetahuan mendasar tentang sebuah produk atau bisnis yang ingin direpresentasikan. Membuat desain logo memang butuh keahlian khusus, namun bukan berarti tak bisa dilakukan, yang terpenting ialah selalu belajar dan lakukan yang terbaik. Semoga bermanfaat. Pesan dari desainnin.id

3 thoughts on “Tips Penting Membuat Desain Logo Agar Lebih Menarik”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *