Video Marketing yang Cukup Ampuh Meningkatkan Penjualan

Mengenal Video Marketing dan Jenis-jenisnya yang Cukup Ampuh Meningkatkan Penjualan

Setiap video pasti memiliki tujuan tertentu ketika pertama kali dibuat. Ada video yang dibuat khusus untuk memperkenalkan sebuah merek, ada pula video yang fokus mengulas soal testimoni pelanggan. Begitu banyaknya jenis-jenis video marketing, kadang membuat para pelaku bisnis merasa bingung saat ingin menentukan video seperti apa yang cocok untuk bisnis miliknya.

Mungkin Anda pun juga sedang merasa demikian saat memilih video marketing untuk bisnis yang sedang Anda geluti. Nah, agar lebih jelas lagi tentang video marketing. Yuk cari tahu lebih jauh berbagai jenis video marketing yang cocok untuk membuat bisnismu berkembang.

Sekilas Tentang Video Marketing

Sebelum lebih jauh berbicara tentang beragam jenis video marketing, sebaiknya berkenalan dulu dengan video marketing. Seperti apa sih sebetulnya? Video marketing ialah sebuah video yang termasuk dari salah satu strategi pemasaran atau marketing atau. Seperti namanya, metode ini lebih  menitikberatkan pembuatan video sebagai metode yang efektif untuk mendukung pemasaran.

Di era serba digital seperti saat ini, video marketing dianggap menjadi salah satu metode terbaik untuk pemasaran. Sebab video cenderung lebih gampang diterima masyarakat.

Pesan yang ada di dalamnya pun juga lebih mudah untuk ditangkap sekaligus membekas di ingatan. Karena beberapa alasan inilah, video marketing kini jadi tren dikalangan para pelaku bisnis.

Jenis-Jenis Video Marketing

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika pembuatan video marketing memang dengan tujuan untuk pemasaran. Namun, perlu diingat jika video marketing tak hanya hadir dengan satu jenis saja. Ada bermacam-macam bentuk video marketing yang seringkali digunakan oleh pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha yang dilakukan. agar lebih jelas simak ulasannya berikut ini.

Video Profile

Pernahkah Anda melihat video yang membahas tentang sebuah perusahaan tertentu secara khusus dan spesifik? Nah, video inilah yang disebut sebagai video profile. Video tersebut dibuat dengan format yang hampir mirip dengan company profile. Di dalam video profile, sebua profil mengenai sebuah perusahaan dijelaskan secara detail dan lengkap. Termasuk soal visi serta misi perusahaan pun juga dijelaskan. Tak jarang, dalam video tersebut juga diselipkan kisah tentang berdirinya perusahaan secara menarik.

Video profil ini bisanya dibuat dengan durasi yang cukup panjang. Dengan pembahasan yang lebih fokus untuk memperkenalkan perusahaan, video profil ini biasanya dibuat untuk target penonton yang cukup spesifik. Misalnya untuk mengenalkan perusahaan pada calon klien atau mitra bisnis potensial yang memiliki nama besar. Itulah sebabnya, jenis video marketing yang satu ini memiliki kecenderungan audience yang jauh lebih kecil dibanding video marketing lainnya.

Video Branding

Pengelompokan berbagai macam jenis video marketing banyak yang dilakukan berdasarkan fungsinya. Seperti video branding misalnya. Dari namanya, tentu Anda sudah bisa memperkirakan soal video tersebut. Ya, video marketing jenis ini memang digunakan untuk mengenalkan untuk sebuah merek atau brand tertentu kepada masyarakat. Umumnya video tersebut sangat erat berkaitan dengan sebuah produk maupun layanan.

Contoh video branding sebetulnya bisa Anda lihat di TV atau Youtube dalam bentuk iklan. Sebetulnya video branding tak hanya sebatas promosi atau jualan, tetapi juga mengandung merek-merek tertentu yang dipasarkan.

Video Edukasi

Ketika ingin memasarkan sebuah produk, tak cukup hanya dengan memperlihat produk tersebut pada target market Anda lalu mendorong mereka supaya tergerak ingin membelinya. Anda pun harus juga memberikan edukasi pada pasar soal produk Anda, bagaimana produk tersebut bisa membuat hidup mereka jadi lebih baik. Di sinilah peranan video edukasi melakukan tugasnya.

Dari semua jenis video marketing yang ada, video edukasi bisa dikatakan sebagai video yang paling gampang menyita perhatian dan mengambil hati audience. Sisi edukatif serta informasi yang ada di dalamnya menjadikan video edukasi kerap lebih disukai dan banyak dicari. Tak seperti video marketing yang lain, video edukasi justru lebih memanfaatkan soft selling sebagai strategi untuk menawarkan produk pada audience. Inilah mengapa, video marketing ini jauh lebih disukai masyarakat.

Video Demo

Sekilas video demo memiliki tampilan yang mirip dengan video edukasi, karena ada sisi edukasi di dalamnya. Namun ada sedikit perbedaan, video demo ini jauh lebih spesifik karena lebih menampilkan video yang menunjukan cara penggunaan sebuah produk yang sedang ditawarkan atau cara kerjanya. Video maketing ini pun kerap dimanfaatkan untuk memperlihatkan nilai lebih yang dimiliki sebuah produk yang ingin ditawarkan.

Misalnya saja ketika saat ingin membandingkan dengan produk kompetitor, Anda dapat memperlihatkan jika produk Anda memiliki banyak kelebihan, misalnya saja soal cara pakainya yang lebih praktis. Melalui video marketing ini Anda pun juga bisa memperlihatkan banyak fitur yang tak dimiliki oleh produk kompetitor.

Video Testimoni

Pemasaran dengan mengandalkan word of mouth atau mulut ke mulut memang masih jadi cara jitu untuk memasarkan sebuah produk. Apalagi di dunia yang serba digital seperti saat ini, cara tersebut pun turut berkembang dengan format yang jauh lebih fleksibel sehingga mudah disebarluaskan, seperti video testimoni misalnya. Video marketing jenis ini menonjolkan salah satu unsur terpenting dalam metode marketing word of mouth.

Video tersebut berisi tentang kesaksian dari konsumen yang telah memakai produk tersebut. Ketika, orang yang ada di dalam video testimoni tersebut dikenal oleh calon konsumen, maka kepercayaan mereka akan semakin meningkat. Terlebih lagi, jika pemberi testimoni terkenal karena keahliannya di bidang yang masih relevan dengan produk yang sedang ditawarkan, hal ini akan semakin membuat tingkat kepercayaan masyarakat jadi jauh lebih tinggi.

Demikian tadi informasi tentang video marketing dan jenis-jenisnya yang kini semakin digemari oleh pelaku bisnis untuk semakin mengemangkan bisnisnya. Setiap video marketing sebetulnya tak bisa berdiri sendiri-sendiri, semuanya saling mendukung satu sama lain. Karenanya, agar video yang dibuat semakin efektif, jangan segan untuk mengkombinasikan antara satu video dengan video marketing yang lain maupun konten-konten marketing yang Anda buat sebelumnya semoga bermanfaat!

Baca juga Artikel terkait :

Strategi Marketing Khusus untuk Para Designer Grafis

Tips Marketing Cerdas Buat Bisnis Rumahan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *